BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Seiring zaman globalisasi, kita dituntut untuk bisa mengetahui
lebih banyak informasi
dankomunikasi dengan lebih cepat dan efisien serta kebutuhan untuk
berkomunikasi kini sangat besar sekali dan ditunjang dengan teknologi maka informasi dan
komunikasi akan lebih mudah kita dapatkan dan lakukan. Dengan melihat hal tersebut maka demi memenuhi akses informasi dan
komunikasi, kami ingin mendirikan dan mengadakan suatu sarana prasarana internet
atau yang lebih dikenal dengan sebutan warnet.
B.RUMUSAN MASALAH
Usaha warnet adalah salah satu pilihan bisnis yang masih
menjanjikan untuk beberapa
tahun kedepan. Internet sudah menjadi satu kebutuhan yang tidak
bisa dipungkiri lagi, internet
sebagai pilihan terbaik untuk menunjang semua kebutuhan seperti,
bisnis Anda, pekerjaan Anda
dan bahkan hobby Anda. Maka dari itu sekali lagi kami katakan,
bisnis jasa penyedia koneksi
internet ( warnet ) akan semakin dibutuhkan di masa-masa
mendatang.
Ada beberapa orang yang masih mengalami kendala untuk memulai
bisnis ini,
dikarenakan keterbatasan pengetahuan akan teknologi komputer,
keterbatasan pengetahuannya
akan jaringan / networking sampai ke waktu yang cukup padat
hingga tidak sempat untuk
memulainya, yang pada akhirnya tertunda dan tertunda terus.
Disini kami ingin memberikan
sedikit Tips dan Triks singkat tentang bagaimana dan darimana
sebaiknya kita memulai.
C.PEMECAHAN MASALAH
Langkah pertama yang musti kita lakukan adalah :
1. Pasar, pastikan Anda menemukan
satu tempat atau lokasi yang disitu memang masih jarang
jasa internet ( warnet ) dan kebutuhan akan internet memang
cukup tinggi, misalkan lokasi yang
disekitarnya ada : perkantoran, sekolah, kampus dll.
2. Line Telepon, ini digunakan untuk
memasang koneksi internet ( ex : SPEEDY ). Banyak
daerah-daerah padat yang kesulitan untuk pemasangan line telepon
baru dikarenakan jatah yang
sudah habis, terminal yang penuh dan lain-lain. Jadi pastikan
dulu point diatas terpenuhi.
3. Daya listrik, Kebutuhan daya listrik
untuk bisnis ini tergolong membutuhkan daya listrik
tinggi, minimal sekitar 2500 watt ( untuk 8 – 10 komputer ).
Carilah informasi ke PLN, tentang
prosedur dan harga untuk penambahan daya. Jika point ini sudah
terpenuhi, silahkan lanjutkan ke
step berikutnya.
4. Pemilihan warnet jenis game atau non-games. Pilihan ini yang
menuntut kita untuk terjun
langsung ke lapangan, dengan mencari informasi tentang jenis
warnet apa yang sekiranya tepat
untuk dibuka. Banyak kejadian dimana kita terlalu gegabah
memutuskan untuk membuka warnet
jenis games di daerah pemukiman padat seperti di kota-kota
besar, memang animo peminat
cukup tinggi, namun dengan itulah biasanya kita terbentur
masalah baru, seperti :
- Larangan orang tua kepada anak-anaknya.
- Masyarakat yang menegur kita, baik secara langsung maupun
tidak langsung.
- Kesulitan untuk membuka warnet 24 jam dikarenakan lokasi yang
berada di daerah
pemukiman.
D.TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari saya menulis karya ilmiah ini yaitu dengan maksud
memenuhi tugas akhir dari mata
kuliah LINGKUNGAN BISNIS tahun ajaran 2010/2011.
BAB II
LANDASAN TEORI
Membangun Bisnis Warnet dan Game Online Yang
Menguntungkan
Mungkin ada sebagian orang yang berpikiran bahwa bisnis warnet
alias warung internet
kini sudah tidak lagi menguntungkan. Ini terutama didasari oleh
realita bahwa sekarang akses
internet sudah semakin mudah, dengan adanya layanan internet
baik itu dalam
format ADSL maupun GPRS/3G/HSDPA, dengan biaya bulanan yang relatif
terjangkau.Tapi jangan lupa, bahwa semua layanan itu membutuhkan adanya
komputer, yang tidak setiap rumah atau keluarga memilikinya karena faktor harga.
Penetrasi laptop/notebook juga belum terlalu masif karena harganya juga masih terbatas untuk
kalangan menengah hingga atas. Artinya secara fisik jasa warnet masih memiliki daya tarik
tersendiri, khususnya di lokasi-lokasi sekitar kampus dan sekolahan.
Persoalannya tinggal bagaimana membangun dan mengelola bisnis
warnet yang
menguntungkan. Saya sendiri sekarang lebih tertarik ke konsep
warnet dan game online yang
disatukan. Ini karena komunitas pemain aliasgamers ternyata bisa menjadi
ceruk pasar yang
memiliki loyalitas tinggi terhadap produk layanan. Coba saja
lihat di game center di sekitar kita.
Betapa banyak anak-anak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam,
bahkan berhari-hari, di
depan komputer. Dan yang dilakukannya hanyalah bermain game online kesayangan. Di
warnet/game online milik teman saya, saya sering melihat ada beberapa
anak yang bahkan rela
membayar paket sewa 24jam. Bukankah ini menunjukkan loyalitas
konsumen yang tinggi?
Lalu bagaimana caranya supaya ketika kita membangun bisnis
warnet dan game online, kita bisa
punya konsumen-konsumen yang seperti itu? Bagaimana cara kita
membangun jaringan yang
baik sehingga akses internet di warnet/game online kita stabil
dan tetap kenceng bahkan ketika
semua unit terisi penuh?
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Membangun usaha menengah seperti warnet (warug internet), sangat
menjanjikan pada jaman di era modern ini. Disamping tujuan utama mendapatkan profit,
kebutuhan akan informasi dan pemberitaan semua tersedia di internet. Dan bagaimana cara
penyaluran nya yaitu dengan mendirikan warnet. Dengan ada nya warnet semaki kita mudah dalam
mendapatkan informasi.
B.SARAN
Lestarikan warnet agar tidak terjadi seperti wartel. Mari
sama-sama kita ramaikan warnet-warnet gameonline terdekat kita. Tapi jangan keterusan bisa cepet kaya
yang punya warnet.
Buat bapak mohon di perbanyak maksimum halaman nya.
DAFTAR PUSTAKA
http://bisnis-warnet.com/tips-memulai-usaha-warnet.html
http://ekowahyono.blogspot.com/2011/02/landasan-teori-membangun-warnetgame.
html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar