TUGAS KELOMPOK TUGAS ANALISIS
KINERJA SISTEM SDM “TOKO LARIS”
4KA30
HENDRA SATRIA 13110212
RIKI NUGROHO 15110954
SOFYAN ABDUL
16110637
FIRMAN MICHAEL 12110808
MUCHLIS ARIADI 19110046
SUMBER DAYA MANUSIA PADA TOKO LARIS
Manajemen
Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya
manusia dalam organisasi. Tujuannya
adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai
tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana
seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi,
dan memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas)
Tahapan
penerimaan pegawai Toko Laris :
- Rekrutmen
tenaga kerja/Recruitment. Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari
calon atau kandidat pegawai. Pada Toko Laris ini merekrut SPG,SPB dan Kasir.
- Seleksi
tenaga kerja/Selection. Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan
tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada.
Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah
melihat daftar riwayat hidup/cv/curriculum vittae milik pelamar. Kemudian
dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil
dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan di Toko Laris ini yang
membutuhkan SPG,SPB dan Kasir.
c. Pelaksanaan
Ujian atau tes
yang biasanya dilakukan sesuai bidang pekerjaan yang dilakukan perusahaan
tersebut. Untuk Toko Laris ini ujian yang dilakukan ujian tertulis dengan
menuliskan code yang dikuasai peserta ujian untuk memecahkan suatu kasus. Tes
lain yaitu berupa psikotest dan tes aptitude.
d. Wawancara adalah tahap selanjutnya
ika peserta lolos tahap ujian maka calon karyawan akan dihubungi kembali dan
akan diundang untuk mengikuti tahap wawancara. Peserta akan ditanya dengan
berbagai macam pertanyaan yang terkadang bisa menjebak peserta itu sendiri.
Pertanyaan yang paling sering muncul adalah “berapa gaji yang anda inginkan?”.
Sama seperti perusahaan lain Toko Laris juga menggunakan metode tersebut kepada
calon pegawainya.
e. Jika lolos tahap wawancara maka
calon pegawai lolos pada tahap wawancara, maka calon pegawai akan diterima
bekerja ataupun masih diberikan beberapa test lagi sesuai kebijakan perusahaan
tersebut. Toko Laris ini akan langsung menerima calon pegawai tersebut setelah
lolos tahap wawancara dan memberikanya training kerja (masa percobaan kerja
selama 1 bulan )
KESIMPULAN
Begitu pentingnya peran
karyawan dalam memberikan pelayanan, sehingga banyak para pengusaha yang
berpendapat bahwa mereka harus menjual 20 % produk, sisanya menjual pelayanan.
Sektor pelayanan ini sangat berhubungan erat dengan emosi pelanggan, kalau
produknya bagus ditambah dengan pelayanan yang ramah, cepat dan efisien, maka
dijamin konsumen akan loyal dengan produk kita. Sebaliknya, karyawan yang jutek
tak hanya membuat pembeli kapok dan malas melakukan transaksi tetapi juga
enggan untuk kembali lagi ke tempat usaha semula. Sementara bagi pemilik usaha,
ia kehilangan kesempatan menuai keuntungan akibat sikap karyawan yang minus
terhadap konsumen. Padahal sesuai dengan pepatah lama, yang menganggap seorang
pembeli adalah raja mewajibkan pemilik usaha untuk memberikan service sebaik
mungkin kepada pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar